Tahun 2024, League of Legends Pecahkan Rekor Penonton Esports Terbanyak!

Tahun 2024 menjadi momen bersejarah bagi dunia esports. Dengan turnamen bernilai jutaan dolar, kompetisi yang memanas, dan jutaan penggemar dari seluruh dunia, industri ini mencatatkan berbagai pencapaian luar biasa. Berdasarkan laporan dari Esports Charts, berikut adalah game esports yang paling banyak ditonton sepanjang tahun 2024.

League of Legends: Tetap Tak Tertandingi

League of Legends (LoL) kembali membuktikan dominasinya di dunia esports. MOBA legendaris ini mencatatkan peningkatan waktu tontonan hingga 27% dibandingkan tahun sebelumnya, menjadikannya game esports dengan jam tontonan tertinggi pada 2024, yaitu 749,6 juta jam.

Salah satu pencapaian terbesar terjadi di ajang Worlds 2024, yang mencatat rekor baru dengan 1,1 juta penonton puncak (Peak Viewers) untuk siaran berbahasa Vietnam. Selain itu, basis penggemar setia di Korea Selatan terus menjadi tulang punggung kesuksesan game ini. Liga regional mereka, LCK Spring 2024, mencapai hampir 2,66 juta penonton puncak, menjadikannya salah satu turnamen paling populer dalam sejarah LoL.

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB): MOBA Favorit Asia Tenggara

Mobile Legends: Bang Bang tetap menjadi MOBA paling populer kedua di dunia, dengan waktu tontonan mencapai 475,8 juta jam. Basis penggemar utama MLBB berasal dari Asia Tenggara, terutama Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Turnamen MPL Indonesia Season 14 mencetak rekor baru dengan lebih dari 4 juta penonton puncak secara bersamaan, menunjukkan betapa besarnya antusiasme terhadap game ini di kawasan tersebut. MLBB terus membangun reputasinya sebagai salah satu game esports terkuat di pasar global.

Counter-Strike 2: Langkah Baru di Pasar Asia

Counter-Strike 2 mengamankan posisi ketiga dengan waktu tontonan sebesar 434,5 juta jam. Dua turnamen besar pada tahun ini, PGL Major Copenhagen dan Perfect World Shanghai Major, menjadi sorotan utama.

Meskipun tidak mencatat rekor baru, acara di Shanghai menandai langkah penting dalam memperkenalkan Counter-Strike ke pasar Asia, yang sebelumnya didominasi oleh game seperti LoL dan MLBB.

Valorant: Melonjak ke Posisi Keempat

Valorant menunjukkan pertumbuhan signifikan pada 2024, mengungguli Dota 2 sebagai game esports keempat yang paling banyak ditonton. Turnamen VCT 2024: Masters Madrid mencatatkan 1,68 juta penonton puncak, menjadikannya ajang Valorant terpopuler sepanjang sejarah.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari inovasi Riot Games yang memperkenalkan acara regional kickoff, yang berhasil menarik penonton baru dan memperkuat komunitas esports Valorant.

Dota 2: Tahun yang Menantang

Dota 2 mengalami penurunan ke posisi kelima dengan waktu tontonan sebesar 319,7 juta jam. Keputusan Valve untuk menghentikan format Dota Pro Circuit sebelumnya membuat ekosistem esports game ini lebih bergantung pada penyelenggara pihak ketiga.

Tantangan ini menjadi peluang untuk menghidupkan kembali komunitas Dota 2 di tahun 2025, dengan format kompetisi yang lebih dinamis dan berpusat pada acara komunitas.

Peringkat Akhir Game Esports Terpopuler 2024

  1. League of Legends: 749,6 juta jam waktu tontonan
  2. Mobile Legends: Bang Bang: 475,8 juta jam waktu tontonan
  3. Counter-Strike 2: 434,5 juta jam waktu tontonan
  4. Valorant: 355,6 juta jam waktu tontonan
  5. Dota 2: 319,7 juta jam waktu tontonan

Dengan pencapaian yang luar biasa ini, tahun 2024 membuktikan bahwa esports terus berkembang sebagai salah satu industri hiburan terbesar di dunia. Dari basis penggemar yang semakin besar hingga turnamen yang memecahkan rekor, masa depan esports tampak semakin cerah.

This entry was posted in Berita Game, Home and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *